MESIN JAHIT JARUM SATU (SINGLE NEEDLE MACHINE)

Apa itu mesin jahit jarum 1
Mesin jahit jarum 1 atau sering kita kenal dengan mesin jahit single needle merupakan salah satu mesin yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian (garment) seperti : baju, blouse, celana, jaket dan produk barang jadi lainnya.

Gambar 1

Cara pengoperasian Mesin Jahit jarum 1
Cara mengoperasikan mesin jahit single needle sangat mudah, berikut langkah-langkah untuk  mengoperasikan mesin jahit single needle yaitu :

1.Pastikan Benang/cone sudah terpasang (Lihat gambar 1, diatas).

2.Pencet tombol "ON" pada mesin yang bertujuan untuk menghidupkan mesin (Lihat gambar 1, diatas).

3.Injak pedal untuk menjalankan mesin (Lihat gambar 1, diatas).

Penggunaan mesin jahit ini jika dilihat dari penjelasan diatas terasa sangat mudah, tetapi pada kenyataannya tidak mudah seperti yang difikirkan, mengapa demikian?

Meskipun terlihat sederhana tetapi ketika kita sudah mencoba mengoperasikannya sendiri, maka anda akan mengerti mengapa cara mengoperasikan mesin yang satu ini tidak mudah seperti yang dibayangkan, karena mesin jahit single needle memiliki banyak bagian(Tools) yang cukup banyak dan rumit, sehingga butuh skill dan banyak perlatihan menjahit supaya dapat mengoperasikannya dengan mahir.

Bagian-bagian mesin jahit jarum 1 dan fungsinya
Sebagai pembuka maka kita akan belajar untuk mengetahui bagian-bagian dan fungsi yang ada di mesin jahit single needle ini.  

Bagian dasar dari mesin jahit jarum 1 terdiri dari 3 , yaitu.
1. Badan mesin 
2. Meja mesin
3. Kaki mesin
Sumber : Pribadi, Gambar 2

1. Badan mesin
terdiri dari semua komponen yang dapat menggerakan mesin dan alat pendukung mesin lain yang saling berhubungan.

2. Meja mesin berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan kain/garmen ketika akan dijahit.

3. Kaki mesin sesuai dengan namanya, kaki mesin berfungsi sebagai penyangga/tumpuan mesin jahit supaya dapat berdiri.

Jenis mesin
Mesin jarum 1 ada 2 tipe yaitu, manual dan otomatis.

- Mesin jarum 1 Manual 
Seperti dengan namanya, maka mesin jarum 1 manual cara pengoperasian atau menjalankan mesin masih harus dibantu menggunakan sentuhan/tangan manusia yaitu untuk setting mesin sehingga hasil jahitan sesuai dengan kebutuhan.
Mesin jahit jarum 1 manual

- Mesin jarum 1 Otomatis
Produk yang inovatif dewasa sekarang telah menjadi standard dalam industri, begitupun dengan industri mesin jahit.
Inovasi sebuah produk mesin jahit yang lebih baik, mudah dioperasikan, dan efisien (hemat listrik & tenaga) merupakan kebutuhan bagi konsumennya yang wajib dipenuhi sehingga merupakan suatu keharusan bagi setiap produsen mesin jahit untuk terus mengmbangkan produknya.

Banyak perusahaan yang tidak dapat bertahan dalam persaingan bisnis dikarenakan tidak mau untuk berinovasi, 
Tentunya kita dulu masih ingat dengan cerita salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia asal Finlandia yaitu Nokia, yang dalam 3 dekade lebih menguasai industri ponsel di dunia, namun hanya dalam hitungan tahun saja mengalami penurunan drastis hingga akhirnya megalami kebangkrutan, yang disebabkan karena arogansi dan merasa cukup tanpa di imbangi dengan perubahan/inovasi.

Dengan adanya pengalaman ini pastinya banyak produsen mesin, terutama mesin jahit sadar akan pentingnya sebuah inovasi dan mulai berlomba-lomba untuk selalu mengembangkan produknya, maka hal tersebut merupakan tantangan bagi perusahaan untuk terus melakukan perubahan dan inovasi.

Mesin jahit jarum 1 otomatis memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mesin jahit jarum 1 yang masih manual, salah satu kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Jika dibandingkan dengan mesin jahit jarum 1 manual, kemampuan menjahit jarum 1 otomatis yang lebih baik untuk berbagai macam bahan, hal ini dikarenakan mesin jarum 1 otomatis ini dirancang untuk lebih fleksibel dan meyesuaikan kebutuhan pemakainya.

2. Menjahit lebih halus (mudah dikendalikan, getaran rendah) dan tidak bising.

3. Mudah perawatan (pembersihan badan luar dan dalam mesin, di sebagian mesin sudah dilengkapi dengan sensor keamananan sehingga mesin tidak akan jalan jika badan mesin dalam keadaan miring/terbuka, mudah pelumasan, dan lain-lain).

4.    Lebih ekonomis dari segi penggunaan listrik karena sudah dilengkapi internal AC Servo.

5. Sudah dilengkapi tombol otomatis untuk penyetingan mesin ( Kecepatan, jumlah stik dan potong benang otomatis)

Berikut penjelesan dan fungsi dari masing-masing bagian mesin jahit jarum 1 di rangkum dalam bentuk buku manual berdasarkan bagian-bagian dan fungsinya dari mesin jahit single needle otomatis (Baca perbedaan mesin jahit otomatis dan manual).








Ulasan diatas adalah bagian dari mesin yang sering digunakan saja, sehingga disini hanya menjelaskan bagian/part penting dan yang paling sering digunakan ketika menjahit.



Sumber :
Instruction Manual Machine SN 7000DD Bothers


4 komentar:

  1. Makasih postingannya Pak, ini sangat membantu pengenalan mesin jahit untuk pemula...

    BalasHapus
  2. You have done a amazing job with you website eatmomiji.com

    BalasHapus
  3. Setelah membandingkan beberapa opsi, akhirnya saya memilih satu jasa desain rumah yang harganya terjangkau dan didukung dengan portofolio yang memuaskan. Dalam proses pembangunan, jasa tersebut juga memberikan pelayanan yang maksimal dan mengarahkan agar rumah yang dibangun sesuai dengan ekspektasi saya. Saya puas dengan hasil akhirnya dan tidak menyesal memilih jasa desain rumah murah tersebut.

    desain rumah cantik
    desain rumah cafe
    desain rumah cat putih
    desain rumah cantik sederhana
    desain rumah cantik minimalis

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca,
Kritik & saran yang membangun sangat kami hargai.